Translate

Cara Membuat Effect Api Pada Text

MARHABAN YA RAMADHAN. . entah apa yang ada di pikiran saya bulan ini. Saya begitu semangat menuliskan tutorial-tutorial photoshop yang saya ketahui. Alhamdulilah wasyukurillah dalam kesempatan kali ini saya akan share tentang cara membuat effect api sungguhan (realistic fire) pada text.
Pernahkah anda melihat di televisi atau di poster-poster ada text/huruf yang terbakar? Apakah itu semua sungguhan? Ya saya juga tidak tahu. Tapi masak itu sungguhan? Hehhehe. Oke kalian penasaran bukan tentang cara membuat effect api sungguhan ini pada tulisan? Keren lho effect ini. Saya sangat tertarik dengan effect realistic fire ini


Gimana kerenkan effect api sungguhannya. Tentunya dalam tutorial cara membuat effect realistic fire pada text ini saya menggunakan 1 huruf saja. Nanti kalau memberikan effect api sungguhan pada huruf-huruf yang lainnya sama aja kok.
Jadi saya cukup menjelaskan tutorial cara memberikan effect api sungguhan pada text pada 1 huruf lalu anda mengembangkannya sendiri. Hehehe oke!!

Tanpa berpikir panjang mari kita mulai tutorial photoshop cara membuat effect realistic fire nya.

Langkah pertama, ini adalah langkah yang terpenting. tentunya sebelum membuat effect text api sungguhan anda harus menyiapkan foto api sungguhannya dulu. Tentu tidak ketinggalan huruf/text yang akan di beri effect apinya. Tapi kita akan membuat hurufnya pada saat pengeditan berlangsung.

Langkah kedua, tentunya anda sudah menjalankan program adobe photoshop. Sekarang buat file baru dengan terserah ukuran anda yang penting backgroundnya hitam. Saya disini membuat ukuran 1000px x 1000px.

Langkah ke tiga, setelah file terbuat. Sekarang tambahkan huruf yang anda inginkan dengan warna ffffff (putih). Disini saya memakai huruf D dengan font Arial, ukuran 1000pt type fontnya Black.

Langkah ke empat, lihat Window layer anda. Sekarang rasterize text yang anda tambahkan tadi. Kemudian klik kanan pilih blending options.

Langkah kelima, setelah anda pilih Blending Options.. maka akan keluar jendela Layer Style. Kemudian pilih Drop Shadow. Lakukan perubahan pada Blend Mode menjadi Normal, Color menjadi ff0000 , Distance menjadi 0px, Spread menjadi 30% dan Size menjadi 15px. (ubahsuaikan dengan ukuran text anda)

Langkah ke enam, masih dalam Jendela Layer Style. Sekarang pilih Color Overlay, kemudian lakukan perubahan pada Blend Mode menjadi Normal dan Color menjadi cc6600.



Langkah ke tujuh, masih dalam jendela Layer Style. Sekarang pilih Satin, kemudian lakukan perubahan pada Color menjadi 582900, Distance menjadi 25px dan Size menjadi 12px. (ubahsuaikan dengan ukuran text anda)


Langkah ke delapan, masih dalam Jendela Layer Style. Sekarang pilih Inner Glow, kemudian lakukan perubahan pada Blend Mode menjadi Color Dodge, Color menjadi ffb900, Opacity menjadi 100%, Choke menjadi 20px dan Size menjadi 12px. (ubahsuaikan dengan ukuran text anda)

Klik OK pada jendela Layer Style.



Langkah ke sembilan, setelah tampilan dasar terbentuk sekarang berikan effect Liquify untuk menambahkan kesan terbakarnya.



Sudahkah sampai disini? Tentu belum donk. . judulnya aja cara membuat effect api realistic (nyata) mana effect api nyatanya? Belun terlihat tuh, , belum kelihatan ya? Mari kita perlihatkan. Hehehehee
Sekarang buka foto apinya. Jika anda belum mempunyai foto api anda juga bisa mengambil foto api di bawah ini.


Langkah ke sepuluh, sekarang lihat Window Channel. Tekan Ctrl + klik pada thumbnail R (red). Setelah anda melakukannya maka otomatis bagian dari foto api akan terselect. Pindah bagian yang terselect tersebut dengan Drag and Drop ke Layer text yang kita buat tadi.



Langkah ke sebelas, rapikan Foto api yang di pindah tadi kemudian atur posisi sedemikian rupa sehingga tampak membakar Text.


Langkah ke dua belas, setelah anda merapikan dan menempatkan api yang di tambahkan tadi dengan benar. Maka mari kita tambahkan effect PANASnya. Hehhehee.
Sekarang lihat Window layer anda tekan CTRL + J kemudian akan muncul layer api baru Via Copy. Ubah mode layer tersebut menjadi Overlay. Dan tekan CTRL + J lagi berulang-ulang sampai api tampak lebih menyala.

Langkah ketiga belas, lakukan hal yang sama pada saat langkah ke 10, ke 11 dan ke 12. tempatkan effect apinya pada bagian-bagian yang belum tertutupi api. Sehingga hasilnya akan seperti ini.

Semoga bermanfaat

0 Comment:

Post a Comment